Bangjo dan Pak Ustadz

Lampu merah atau kita sebut dengan istilah "bangjo" tidak lepas dari program yang dilaksanakan oleh dinas perhubungan. Dengan bertujuan memperlancar lalu lintas darat dan meminimalisir adanya kecelakaan, lampu bangjo ini bisa kita lihat di perempatan atau pertigaan baik di kota maupun di pedesaan tergantung kebijakan daerah masing masing.

Ternyata sebuah bangjo menurut penulis sendiri adalah karya yang begitu besar manfaatnya bagi kita semua .. dilihat dari aturan main lampu tersebut saja sudah merupakan hal yang unik .. misalnya sebuah pertigaan yang terdapat bangjo sudah tentu terdapat 9 lampu , diantarana 3 merah 3 hijau 3 lagi kuning ... mereka secara berkala bergantian menyala . wah unik sekali ..

ya begitulah uniknya bangjo .. sekarang kalo kita kaitkan bangjo dalam hukum Islam, gimana tuh ? gini ya .. ini sekedar mengutip perkataan seseorang ustadz , menurutnya mematuhi peraturan dalam bangjo ini adalah merupakan suatu keharusan bagi siapapun pengguna jalan raya baik yang pakai sepeda onthel ataupun yang lainnya . Kenapa? karena menurut beliau bangjo atau lampu lalu lintas itu merupakan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang sah. Dan menurut Al-quran sendiri kita diharuskan mengikuti semua peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah (ulil amri).. tentu saja tidak termasuk peraturan yang melanggan hukum syar'i. mengenai ayat yang berkaitan silakan saudara saudara mencarinya sendiri .. ya begitulah.

Selamat menjadi pengguna jalan raya yang patuh perauran ..



Subscribe to receive free email updates: