Misteri Kata Fa'ala

Sudah menjadi kewajiban kalau seorang santri itu harus menghafal semua bentuk kata dasar dalam bahasa arab .. iya kata dasar ini yang nantinya akan menjadi ibarot bagi kata-kata yang lain ..uniknya satu kata dalam bahasa arab itu bisa dikembangkan menjadi puluhan bahkan ratusan kata yang lainnya .. semisal kata "Dhoroba" ;sudah memukul berganti menjadi "Yadhribu";Sedang atau akan memukul, dan masih banyak yang lainnya ..

Nah untuk mengetahui bentuk kata dasar itu sendiri ada sebuah patokan atau standarisasi kata. Setelah melakukan riset yang mendalam akhirnya ada ulama yang merumuskan sebuah patokan standar kata dalam bahasa arab yaitu dengan Tashrif dari kata fa'ala. Sebuah kata yang sangat lentur diucapkan kata yang terdiri dari tiga huruf ini sangat familier sekali bagi para santri. Kata fa'ala sendiri dapat mewakili semua bentuk kata yang ada dalam bahasa arab , kata yang terdiri da fa' ngain lam ini ibarat suri tauladan bagi kawan-kawannya ibarat darah yang menglir dalam tubuh mengalir sampai kepersendian yang sulit sekalipun .. wah pokoknya ga kebayang deh , kalau para santri tidak mengenal adanya kata tersebut .

Dilihat dari segi makna kata fa'ala ini mempunyai arti "melakukan". Melakukan memberikan pola pikir bahwasannya orang hidup itu harus melakukan atau berbuat sesuatu , orang hidup itu harus memilih yang kemudian bertanggungjawab atas pilihannya sendiri..

Menurut penulis kata fa'ala ini kata yang sangat spesial dalam hidup . Kata yang bisa menggugah hidup seseorang. tidak ada kata yang bisa menggantikan posisinya. Mungkin misteri ini akan terus ada sampai hari akhir nanti ..

Wallohu a' lam bishshowab

Subscribe to receive free email updates: