Santri Open Source

Walah walah kang mba matur nuwun sanget .. mpun nyempataken mampir teng mriki..

Kali ini kita akan berkenalan dengan yang namanya open source ,. iya open source .apa sih open source itu?? trus apa gunanya kita mempelajari hal ini ?? wajib apa enggak?? sebelumnya penulis minta maaf kalau ada pihak-pihak yang merasa tersinggung .. maafin ya .bukan maksud hati untuk mengolok-olok .. tapi ini sekedar peringatan atawa PENGELING buat penulis tak lupa buat temen-temen sekalian..

Open source itu Klik disini itu menurut wikipedia ..
nah temen-temen pasti udah ga asing lagi yang namanya Xp atawa Windows .. perusahaan raksasa milik Bill Gates ini sudah mengalir seperti darah dalam tubuh seperti angin dalam belaian nafas .. wah pokoknya kalau ada komputer atau laptop ga afdol kalau ga ada Xp nya .. padahal perlu temen-temen ketahui bahwa yan namanya Windows itu berbayar alias kalau kita pengin menggunakan Xp tersebut kita harus membayar dengan sejumlah uang tertentu .. Okelah kalau yang punya dana buat beli tuh lisensi ...

Memang ada sebagian temen-temen yang berdalaih bahwasannya menggunakan windows merupakan keadaan darurat .. tuntutan kampus ..beli lisensi mahal .. wah banyak deh alasannya .. ini itu ... coba tengok dalam literatur fikih manapun ga ada yang memperbolehkan kita buat memanfaatkan sesuatu yang bukan milik kita .. seperti halnya Xp Windows yang kita gunaken sehari-hari .sadar atau tidak sadar kita adalah pembajak software alias pengguna barang rampokan. jangankan aparat desa aparat negara pun ga bakalan datang ke kos atawa ke rumah-rumah tuk swiping software teersebut ...

Penulis cuma mau bilang .. boleh lah kita pakai Windows tapi jangan berlebihan , cukup buat ngedengrin mp3 aja .. kalau buat ngerjain skripsi .. buat nyari duit... mendingan jangan pakai Xp Windows .. pakailah yang halal-halal aja . Kalau semisal tetep ngotot and ga mau ada perubahan biarlah para aparat tuhan yang akan menghukum kelak , penulis cuma bisa ngingetin aja ..

Ini ada sebuah solusi ,, eh bukan ding ini cuma tawaran aja .. gini dari pada pusing mikirin Xp yang subhat antara halal dan tidak halal mendingan kita mengenal linux .. linux ini yang katanya gratis .. kalau windows itu close source ..alias kode-kodenya itu dirahasiakan oleh perusahaan .. sedangkan Linux itu Open Soruce alias kode2 nya bisa di baca oleh umum dan disebarluaskan untuk kepentingan pribadi atau umum... ah silakan temen-temen cari aja di om google yah ..

Nah kesimpulannya bahwasannya Windows Xp yang kita gunakan terus tanpa adanya licensi maka penggunaannya pun tidak diperbolehkan oleh Syar'i.. ga ada alasan yang mendukung tentang keadaan darurat... Dan semua ini linux lah jawabannya .. Mari gunakan Linux ..eh .. kaya iklan ..

sekian dulu , mohon maaf bila banyak kekurangan .

Subscribe to receive free email updates: