Trik biar Ayam tidak terkena virus

Kemarin penulis sempat pulang ke rumah, menjenguk ibu dan adik kecil … alhamdulill hewan peliharaan ibu pada sehat-sehat , begitu kata ibu. Iya memang yang namanya orang desa pasti tidak lepas dari yang namanya “ingon-ingonan” atau hewan peliharaan yang pastinya memberikan kemanfatan .. Ayam atau Pitik dalam istilah jawa menjadi salah satu pilihan yang tidak sedikit diminati . Ya begitulah ..

Seringkali ayam ini mendapati penyakit yang mana setiap setahun sekali menyerang ..ya pada bulan-bulan tertentu penyakit kematian ini menyerang pada ayam .

Berbeda dari penuturan ibu penulis ternyata ayam-ayam nya sehat selalu .. menurut ibu salah satu KUNCI sukses ternak ayam agar tidak terkena penyakit (kayak flue burung) tanpa menggunakan Obat disamping tempat yang bersih adalah dengan mencampurkan antara ayam dengan mentok (basur) atau bebek dalam satu kandang .. iya bener sekali .. kenapa ?? menurut ibu bau amis yang dihasilkan oleh bebek atau mentok itu merupakan penawar racun dari ayam tersebut …

Ya begitulah adanya .. mungkin kejadian yang ada di daerah saudara berbeda dengan yang ada di daerahku.

Subscribe to receive free email updates: